Menghilangkan Virus Chat di Facebook

Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah yah udah bisa update blog lagi…hehehe

Okay lah sesuai dengan judul artikel, kali ini ane akan membahas beberapa upaya untuk mengilangkan virus chat di Facebook.  Supaya mudah ane sebut virus ini dengan “virus FB” karena memang penyebaran nya melalui Facebook. Eh tapi jangan salah gan bukan account FB nya yang kena virus tapi komputer nya. Jadi mau di ganti password, ganti account, hapus semua aplikasi di FB atau  PP-nya diganti pake barongsai skali pun, tetep aja muncul tuh virus, wong kompi nya yang kena…hehe…Ok ok serius sekarang,,, karena memang korban sudah banyak yang berjatuhan, termasuk keponakan ane. Tapi Alhamdulillah sudah bisa diatasi, makanya ane mau bagi-bagi tipsnya.

Ciri komputer yang telah terinfeksi virus ini yaitu mengirimkan link melalui chat FB kepada lawan chat. Keadaan semakin tak terkendali karena ‘Si Korban” tidak sadar telah mengirim chat. Jika anda sekali saja meng-click link tersebut maka InsyaAllah kompi anda terkena lansung virus FB. katanya sih virus ini berbahaya karena dipake oleh hacker untuk membobol account atau rekening korban yang sering bertransaksi online. Ane sih ga khawatir cos ga pernah transaksi online, mungkin nanti klo udah jadi bos, Tp setidak nya virus ini menggagu ketentraman per-Pesbukan karena pasti banyak teman kita yang komplan… ya kan?? bisa salah faham kan… terlebih yang nge-chat itu Neng Iteung.. tanpa pikir panjang langsung click2 aja,,,hehehe

Ini contoh isi chat-nya:

  • OMG: This girl killed herself after her FATHER posted this message on her wall: bit*ly/hiht3w
  • hey lol check out this girl, i cant believe this video :DD: bit*ly/g7VPTX
  • Did you see how will u look like in 20 years from now? lol : bit*ly/gZ6haO
Langkah antisipasi dan penyelesaian:
  1. Jangan sekali kali meng-click link mencurigakan seperti contoh diatas..
  2. Jika terlanjur meng-click dan udah da koplan dari teman maka disable chat anda kemudian coba scan kompi terutama di drive_C pake antivirus ternama seperti: Kaspersky IS, Bit-Defender, Avira, dll. Tapi seringkali dengan cara ini ga berhasil karena kemungkinan kemampuan virus sudah ditingkatkan oleh Mpu nya, jadi udah kaya kucing-kucingan aja sama antivirus..hahaha
Jika cara diatas tidak ampuh ada lain yang sederhana.Ga usah instal anti virus hehe.  Cara ini terbukti ampuh(sudah ane coba di netbook dg OS Win 7) . Ini cara ane sih, yah mudah-mudahan bisa berhasil. Sofware yang dibutuhkan CCleaner Download .
Berikut tahapannya:
  •  Click start menu- ketik msconfig, dan klik tan “Startup”, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
Nah ternyata si virus ini muncul juga di Starup, jadi  UNCHEK aja program-program yang kira-kira mencurigakan supaya ga bisa running pas startup,  kemudian klik “Apply”.
  •  Jangan ditutup dulu MSCONFIG nya, program ga jelas yang udah di UNCHECK tadi liat lokasinya (LOCATION) , kemudian telusuri, biasanya virus ini berupa program yang bersembunyi di direktori:

C: \Users\Nama_User_komputer\AppData\Roaming    , nah cari aja disitu. Mana file nya sama seperti yang ditunjukan MSCONFIG, jika udah ketemu delete aja langsung.

  • Terakhir untuk membersihkan registri dari virus yang didelete tadi, buka program CCleaner-Masuk ke menu registry-Scan for Isue-Fix Sellected Isues
Note: Bagi pengguna Win7 folder AppData secara default di hiden, untuk bisa membukanya: Clik Start menu-Ketik “Folder Option”-Enter, atur seperti gambar:
Ok sekian tips yang ane berikan,, mudah-mudahan bermanfaat,,
Assalamualaikum Wr.Wb.

6 Responses to Menghilangkan Virus Chat di Facebook

  1. M@1-M3Y says:

    masih bingung om…

  2. CS13 says:

    saya sudah melakukannya boss, tapi kok setelah saya restart dan saya buka msconfig di strart up file yang sebelumnya sudah saya hapus (User/nama/AppData/Roaming/Cvimio.exe) kembali muncul ya???
    mohon pencerahannya…
    terima kasih

  3. malmud says:

    CS13 : berarti masih ada induk virus yg mengaktifkan app tersebut

  4. Fauzillah says:

    coba ulangi lagi bos tahapannya.. mungkin ada yang terlewat.. sudah beberapa PC saya coba betulkan dan berhasil.. aplikasi yg mencurigakan tersebut biasanya namanya random
    contoh: YhahhshashA12.exe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s