Internetan Gratis Pake Antena Kawat

Akhirnya ane share juga nih barang kesangan ane.. bagaiman ga sayang, dengan ini ane bisa internetan grastis tis. Ya udah gan langsug ke TKP. Bisa diliat disamping ini tampilan antena kawat rancangan ane. Sebenernya ini buka ide asli ane tp ane dapet dari serorang teman  cuma ane modifikasi dikit. Awalnya ane gak percaya nih antena bisa nangkep sinyal wifi tapi setelah dicoba terbukti bisa juga. Mantap gan, koneksi tercepat yang pernah ane coba ngampe 2,2 Mbps. Yah kira-kira kalo ngedownload film 700 MB cuma butuh waktu 10 menit lah gan hehehe (Mod: Sombong). Ane juga biasa pake buat steaming  youtube atau TV online klo ada siaran bola. Klo masalah kecepatan tergantung sumber wifi nya juga, makin besar bandwidth makin kenceng.

Prinsip kerja alat ini menyerupai antena penangkap sinyal pada umunya (Seperti: Radio, Wifi, TV) hanya bentuk dan penggunaannya yang berbeda. Berikut akan ane jelasin komponen dari antena kawat dan fungsinya masing-masing:

  1. USB Wifi: Alat ini berfugsi untuk menangkap sinyal wifi. Jenis dan merk dari USB wifi yang kita gunakan sangat mempengaruhi kemampuan penangkapan sinyal. USB Wifi yang umum ditemukan berjenis b, g, dan n atau kombinasi dari ketiga nya (b/g/n). Seri ‘n’ merupakan jenis radio wifi yang memiliki jangkauan yang paling luas dari yang lainya dan juga dapat menangkap sinyal radio wifi seri yang lain. Sementara itu untuk seri b atau g, hanya spesifik untuk menangkap sinya wifi yang sejenis. Untuk itu ane saranin beli lah USB wifi seri N agar penggunaanya lebih universal. Emang harganya lebih mahal tapi sebanding sama kualitas. Ane sendiri pake TP-LINK WN722N (seri N) (BEC: Rp.135rb) dan kebetulan dikampus ane radio wifi nya  ‘g’ jadi cocok.
  2. Kawat Ram : Kawat Ram berfungsi untuk menguatkan sinyal yang akan ditangkap USB wifi. Prisipnya sama seperti parabola yaitu dengan memfokuskan sinyal yang lemah dan baur menjadi sinyal yang lebih kuat. Sebenernya ada hitungan matematisnya gan yaitu pake rumus titik fokus tapi ane males gan jadi pake felling aja. Bentuk melengkung pada ram kawat seperti digambar, ane buat manual pake helm atau baskom. Hasilnya: Pada jarak kira2 400 meter, sinyal steengh nya “Good”. Sebenarnya bisa aja sampe jarak 700 m asalkan tidak ada penghalang.
  3. USB extention cable (kabel USB perpanjangan): Berfungsi sebagai penghubung USB wifi dengan PC/Laptop. Supaya bisa nyampe ke kamar, ane pake yang 10 m (BEC: 50rb). Perpajangan kabel yang diizinkan max 10 m,  lebih dari itu USB tidak akan berfungsi karena sebagian daya hilang di kabel. kalo mau lebih dari 10 meter, bisa diakalin pake USB repeater (Aktif) tapi harganya jauh lebih mahal (BEC: Rp.170rb/ 5 m) . Klo mau lebih murah bisa ngerancang sendiri pake penguat arus (aplifier),,,,
  4. Kertas alluminium foil: berfungsi untuk memperkuat tangkapan sinyal karena sinyal akan lebih terfokus pada logam seperti aluminium. Selain itu berfungsi juga untuk melindungi USB wifi dari hujan dan terik matahari. Aluminium foil dibungkus pake plastik supaya ga tembus air dan lebih awet.
  5. Batang Penyangga: Untuk menyangga antena dan menempatkan antena pada posisi yang paling ideal. Bahan nya apa aja yang penting cukup kuat menghadapi angin topan dan badai… (Mod: Lebay). Jangan lupa iket pake tali supaya gak ngaler ngidul kaya tukul hehe.
Contoh cara nempel USB wifi di ram kawat, konektor sebaiknya dibungkus lakban supaya ga copot :
Ujung kabel satunya dicolok ke komputer (Warna biru):

Ini Salah satu USB wifi seri N:

Rincian Biaya:

USB Wifi Rp. 135.000,-

USB extention cabel (10 m) Rp. 50.000,-

Kawat Ram (60 x 60 cm) Rp. 10.000,-

Batang Penyanggga Rp.5000,-

tali rafia Rp. 1000,-

TOTAL : Rp. 201.000,-

Note: satu Antena bisa dpake rame.. asal USBnya terpisah,, (Liat Gambar). Ane buka sengaja pake 2 USB wifi tapi ada temen yang numpang nempel. Ya secara ane baik hati dan tidak sombong  ya udah deh jadinya gtu….

INSTALASI DRIVER

  1. Asumsi antena kawat udah dirakit dan siap pakai
  2. Hubungkan usb extemtiom cable (ujung satu (male) di PC dan ujung lainnya (female) di USB wifi)
  3. Saat USB dihubungkan ke PC/Laptop, maka akan PC akan meminta diinstal Driver. Untuk OS XP langsung aja instal driver dari CD bawaan USB wifi. Sementara untuk OS windows 7, dapat mengikuit prosedur dibawah ini:
  • Download driver TP-Link WN722n win 7 disini: Download kemudian extract file
  • Klik widows – Device and properties. Nah disitu cari device TP-link (Biasanya paling bawah di Unknow device).
  • Klik kanan pada unknow divice TP-Link tadi, kemudian pilih properties – hardware – properties – driver – update driver – pilih ” browse my computer for driver software”, akan muncul tampilan seperti ini:
  • KLik Browse, kemudian arahkan ke folder driver yang telah diextract tadi, kemudian next,
  • Tunggu beberapa saat, setelah itu muncul tampilan konfirmasi instalasi driver, pilih “instal driver anyways…….”. Selesai.
  • Klo udah instal,   pilih salah satu wifi yang terdeteksi dan coba diconect
  • KLo misal belum ada wifi yang terdeteksi, coba ubah arah antena sampai wifinya terdeteksi…

SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT

25 Responses to Internetan Gratis Pake Antena Kawat

  1. budiman says:

    gan,tolong dijelasin cara perakitan antenanya donk?skalian gambarnya nya gan?
    tolong ya gan…..

  2. budiman says:

    tolong jelasin cara perakitannya gan?disertai gambarnya ya gan?

    • fauzillah says:

      waduh saat ini lg banyak kegiatan jd ga bisa update blog…
      Gampang ko caranya, tinggal buat aja kaya digambar, ga harus mirip dan presisi yang penting bisa nagkep sinyal.
      – cekungan ram kawat ditekuk pake baskom. caranya taro ram kawat diatas baskom kemudian tekan pake helm
      – tinggi tiang sesuaikan aja sama kondosi dan sumber wifi
      – Untuk nempel ram kawat ke tiang pake aja kawat atau tali rafia
      – USB wifi ditempel pusat lengkungan, caranya, buka antena USB kemudian tempelkan di ramkawa (badan usb dibelakang kawat ram, tonjolan antena didepannya). tutup kembali dengan memutar ulir sampe cukup erat.

      Sekian, mudah2an bisa membantu,,

  3. okta says:

    wahh,, tertarik buat nyoba cz inet kostn mati,, tp sy ga ngerti ttg perakitan kabel2,,😦

    • Fauzillah says:

      Emang kosan dimana fan?
      ga ada rakit2an kabel ko, gampang,,, semua bahan tersedia di toko komputer terdekat…kecuali ram kawat bisa dibeli di toko besi,,,
      Klo niat insyaAlloh bisa…
      selamat mencoba

  4. danta says:

    gan…kira2 jarak jangkauan berapa gan???

    • Fauzillah says:

      Ane kurang tau pasti jangkuannya klo jarak tempat ane ke sumber hotspot sekitar 400 m, mungkin bisa sampai 700 m tp sinyal lebih lemah Tergantung jg sma jenis radio wifi yg ada ditempat ente, klo jenis radionya N jangkau bisa 2 kali lipat lebih jauh.

      Klo klo masih daerah bandung bisa ane buatin, tp klo jauh susah jg.
      bikin sendiri aja, budget sekitar 200rb, semua bahan ada di toko komputer, tinggal pasang aj.
      Selamat bereksperimen

      Makasih sudah berkungjung…

  5. danta says:

    oya gan, kl ane minta tolong rakitkan bisa gak gan… and kira2 berapaan ya gan.. siap pakek….???

  6. Anonymous says:

    Gan, trus kabel usb tadi (y perpanjangan sampe 10M), d tancep d usb wifinya y? Trus baru d tancep d PC, jd mirip2 kayak LAN gt. Bener gak tuh?
    (cupu>)

  7. Nick says:

    Gan, trus kabel usb tadi (y perpanjangan sampe 10M), d tancep d usb wifinya y? Trus baru d tancep d PC, jd mirip2 kayak LAN gt. Bener gak tuh?
    (cupu>)

    • Fauzillah says:

      iya lansung aj di dicolok ke port USB, ntar paling PC minta di instal driver. Ya instal aj langsung pake CD bawaan USB wifi y. Ntar deh ane upload cara instalasi driver nya klo perlu.
      Langsung praktek aj bos gampang ko..

  8. Nick says:

    Haghaghag,
    it works gan!! Senang bgt gue, dapet 300ankbps (berharap nambh),
    btw, d penjelasan agan, perlu d tambhin, kita kudu dpt password wifinya dulu (misi 007) bwt browsng dll.
    Btw, ane abis 256 ribu gan (ketipu nih).
    **Salam dari tanah rencong!

  9. erwan says:

    brooo kabelx pake kabel apa kabel tv bs gk broo….

    • Fauzillah says:

      Setahu ane kabel TV ga bisa gan, paling bisa pake kabel UTP buat LAN. Itu jga harus ngemodif konektornya pake konektor USB. Ane saranin beli aja deh USB extention cable yg 10 m dr pd ribet. hehe…

  10. indra says:

    brooo mau nnyk kbelx yg d ram itu gaitx bgmn trus usbx d taruh d antena situ atau d kmputerx

    • Fauzillah says:

      USB dikaitkan di Ram kawat.. caranya buka mur antena USB wifi,,jepitin diantara celah ram trus pasang lagi mur antena nya. liat gambar aja..bro…
      kabel y tinggal dicolok, yg satu ke USB wifi yang satu lg ke komputer.

  11. DYAN says:

    GAN D GMBRX THU ADHA SMACAM KERTAS KERTAS AP GAN….

  12. aan says:

    gan mau nnyk nh…..
    klo kta punya usb wifi/warlesss merekx bluling modelx sama kyk gambarx ithu…
    trus klo ud bs nyambung ithu bs brp leptop yg bs menerima…..
    mau tnyk klo di daerah merauke bs gk.??? tp d sn byk kntor yg pake wifi….

  13. Fauzillah says:

    USB merek apa saja bisa dipakai ko..
    Satu USB hanya untuk 1 laptop aja gan.. klo mau banyak bisa dishare koneksi aja pake virtual wifi, satu laptop yang udah konek bisa nge share koneksi ke laptop lain dengan wifi internal bawaan laptop…
    Semua tempat pada dasarnya jg bsa tp ada yg harus diperhatikan:
    1. Pastikan jenis radio wifi di kantor tsb, Klo sumber wifi tipe radio nya ‘N’ (802.11n) maka usb wifi yang digunakan pun harus seri N. jika radio tipe sumber ‘g’ (802.11g) maka usb seri g maupun N bisa dipakai.
    2. Pastikan jg sumber wifi di proteksi atau tidak. klo tidak diproteksi maka bisa langsung konek, klo di proteksi, agan harus cari tahu dulu password nya. klo bsa survey aja dulu.😀
    3. Pastikan jarak tidak terlalu jauh dan tidak banyak penghalang seperi bangunan atau pepohonan karena akan mengganggu koneksi.

    Oke selamat bereksperimen😀

  14. poetra says:

    GAN MAU NANYK d sn ada aq uda th paswordx jarakx sm rumah aq sekitar 600/700m bgmn bs gk gan….

  15. Agung says:

    Kalo Driver buat Windows 8 ada ga kak

  16. chal says:

    kalau pake kaleng bisa ngg ??

  17. Wim says:

    klo AP nya dikasih password kayaknya tetep percuma deh gan. Atau seandainya gak dipassword, si adminnya pasti nge-lock mac-address.. CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s