Kenali Makanan dan Minuman Berbahan Lemak Babi dari Kodenya

Ada informasi menarik tentang bagaimana mengenali makanan dan minuman yang mengandung lemak babi. Kandungan lemak babi dapat dikenali dengan mengidentifikasi kode bahan dari suatu produk makanan dan mimuman. Pada umumya kandungan bahan pada produk dapat dikenali langsung dengan istilah ilmiah yang tertera pada   kemasan. Namun, dengan ketatnya persyaratan makanan bagi kaum muslimin, para produsen menyamarkan kandungan babi pada produknya dengan suatu kode yang mungkin hanya dapat dipahami oleh instansi tertentu seperti BPOM.
Informasi ini mungkin sangat berharga terutama bagi kaum muslimin yang senantiasa menjaga kehalalan makanan dan semua kebutuhan hidupnya dari bahan yang haram.

Di Eropa pilihan utama untuk makanan hewani adalah daging babi. Di Paris sendiri, terdapat kurang lebih 14.000 peternakan babi yang dapat memproduksi berton-ton daging babi setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun eksport. Kebutuhan akan daging babi akan meningkat terutama pada saat musim dingin.

Orang eropa biasanya banyak mengkonsumsi protein hewani seperti daging untuk mempertahankan suhu tubuh. Namun disisi lain, orang eropa cenderung menghindari makana dengan kandungan lemak yang tinggi. Seperti kita ketahui bahwa, daging babi memiliki kadungan lemakan yang sangat tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, biasanya produsen melakukan pemisahan lemak dari daging babi. Jumlah lemak dari sisa pengolahan tentunya sangat melimpah. Pada awalnya lemak babi tersebut dibuang, namun dengan perkembangan teknologi, lemak babi dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat, dan kosmetika sepeti sabun, pasta gigi, shampo dan lain-lain.

Umumnya suatu makan olahan mengandung lesitin sebagai pengemulsi. Lesitin dapat diperoleh dari lemak nabati ataupun lemak hewani. Lesitin dari lemak nabati seperti lesitin kedelai memiliki kemungkinan kecil mengandung lemak babi. Sementara itu, jika pada suatu kemasan produk tertera mengandung lemak hewani namun tidak disebutkan secara rinci jenis lesitinnya maka patut dicurigai produk tersebut menggunakan lesitin dari lemak babi.

Kode bahan pada suatu produk yang mengandung lemak babi biasanya diawali dengan huruf “E” atau yang bisa dikenal dengan E-codes, contoh: E-904, E-141. E-codes adalah suatu kode untuk bahan makan tambahan (emulfer) yang berasal dari asam lemak, baik hewani maupun nabati. Produksi emulsifer biasanya akan lebih ekonomis bila berasal dari asam lemak hewani dari segi ketersedian dan kemudahan proses. Karena ketidakjelasan tersebut maka kita patut waspada bila ada produk yang menggunakan kode tersebut terlebih bila tidak ada label halal pada kemasan.

Berikut ini kode beberapa produk yang beredar di pasaran yang kemungkinan dapat mengandung lemak babi:
E100, E110, E120, E-140, E141, E153, E210, E213, E214, E216, E234,E252,E270, E280, E325, E326, E327, E337, E422, E430, E431, E432, E433, E434, E435, E436, E440, E470, E471, E472, E473, E474, E475, E476, E477, E478, E481, E482,E483, E491, E492, E493, E494, E495, E542, E570, E572, E631, E635, E904.

Sekian informasi yang dapat saya bagikan, semoga menjadi pengetahuan dan pertimbangan  khususnya bagi kaum muslimin dalam memilih produk yang tepat dan sesuai dengan syariat islam.

5 Responses to Kenali Makanan dan Minuman Berbahan Lemak Babi dari Kodenya

  1. anita says:

    Tetapi mengapa terdapat label halal dr lpom di kmasan makanan pdahal makanan tersebut terdapat kandungan e476 atau pun e472???

  2. Fauzillah says:

    saya kira bila BPOM telah menyatakan halal maka produk tersebut telah benar2 teruji kehalalan nya. E-codes sebetulnya tidak mutlak mengandung lemak babi, masih berupa dugaan yg perlu dikaji lebih lanjut misal dengan mengidentifikasi DNA nya. Namun alangkah baiknya hindari saja makanan dengan kode tersebut, kan masih banyak produk yang secara gamblang menyertakan kandungan bahan emulsifer, misal: lesitin kedelai.

  3. aim says:

    BPOM lembaga kesehatan bukan lembaga pengetesan keHALALAN,,
    dan klo uji BPOM bagus mka sertifikasi ijin dan kehalalan tinggal regist aja…

  4. aries says:

    weh orang yahudi emang brengsek yah.poateni mah pisan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s